Monday, October 30, 2006

Referensi Teologi Sistematika

BEBERAPA REFERENSI BUKU TEOLOGI SISTEMATIKA
DALAM BAHASA INDONESIA



Abineno, J. L. Ch. Pokok-pokok Penting dari Iman Kristen. Jakarta: Gunung Mulia, c.u. 2001.

*Reformed Belanda; Barthian. Kita akan menemukan perbedaan pandangan penulis dengan doktrin Alkitab konservatif-Injili. Menurutnya, Alkitab bukan Firman Allah, tetapi berisi (atau kesaksian terhadap) Firman Allah. Tetapi secara umum, uraian doktrin-doktrinnya sangat bagus, disertai dengan penafsiran yang bertanggung jawab. Dalam daftar isi diterangkan pula intisari dari tiap-tiap bab. Sangat menolong.


Berkhof, Louis. Systematic Theology. Grand Rapids: Eerdmans, c.u. 1990. Edisi Indonesia Teologi Sistematika. Jakarta: LRII, 1990–1997 (6 vol.)

*Reformed, konservatif. Meskipun merupakan satu karya klasik (aslinya terbit tahun 1940-an), buku ini mewakili pemikiran Reformed tradisional. Belum ketinggalan zaman. Sangat bermanfaat. Terbitan berbahasa Indonesia lebih rumit untuk dipahami ketimbang edisi bahasa Inggris (bagi yang terbiasa, tentu); perlu direvisi.


Calvin, John. Institutio. Jakarta: Gunung Mulia, c.u. 2001.

*Tulisan klasik dari seorang pemikiran penting dalam sejarah Kekristenan. Edisi ini merupakan edisi ringkas dari tulisan aslinya. Corak tulisan Calvin seperti khotbah. Sangat mendasar, wajib baca.


Davidson, Robert. Alkitab Berbicara. Jakarta: Gunung Mulia, c.u. 2001.

*Ditulis oleh seorang ahli PL dari Skotlandia. Berisi teologi biblis yang merangkum sejarah dunia sebagaimana disaksikan oleh Kitab Suci. Menganut tradisi Barthian.


Dister, Nico Syukur. Teologi Sistematika: Berakar Biblika, Berbatang Patristika. 2 vol. Yogyakarta: Kanisius, 2004.

*Tulisan seorang teolog Katolik Roma. Meskipun ada beberapa hal yang kita boleh tidak setuju dengan penulis (tentang sakramen dan mariologi), tetapi uraian yang sangat sistematis membantu kita memahami sebuah doktrin dengan hati-hati, baik secara biblis maupun tradisi teologis. Yang menarik adalah subjudulnya: "Berakar Biblika, Berbatang Patristika." Perlu dibaca!


Dyrness, William A. Agar Bumi Bersukacita: Misi Holistis dalam Teologi Alkitab. Jakarta: Gunung Mulia, 2001.

*Uraian dari sudut pandang teologi biblis mengenai rencana agung Allah bagi seluruh ciptaan. Dyrness membagi rencana agung Allah itu ke dalam 5 babak: penciptaan, keluaran, pembuangan, inkarnasi, dan penyempurnaan. Dari uraiannya, jelas ia seorang Reformed. Sangat bermanfaat untuk menjadi pelengkap PA.


Enns, Paul. Moody Handbook of Theology: Pegangan Teologi. 2 vol. Malang: SAAT, 2004.

*Berisi peta-peta penyelidikan teologi: biblika, sistematika, historika. Ringkas dan padat. Penulis berusaha untuk bersikap senetral mungkin, meskipun pada akhirnya ia jelas berdiri di posisi eskatologi (doktrin akhir zaman) premilenialisme-dispensasionalis.


Erickson, Millard J. Christian Theology. Edisi kedua. Grand Rapids: Baker, 2000.

*Reformed-Baptis, Injili. Dalam edisi kedua ini penulis memberi tambahan mengenai “pascamodernisme.” Edisi Bahasa Indonesia sudah diterbitkan oleh Gandum Mas (berjudul Teologi Kristen), terbagi dalam tiga jilid (diterjemahkan dari edisi pertama bahasa Inggris). Sangat bagus.


Ferguson, Sinclair. Hati yang Dipersembahkan kepada Allah. Surabaya: Momentum, 2003.

*Merupakan buku doktrin yang ringkas dan enak dibaca. Kuat dalam tradisi spiritualitas Calvinis. Ferguson tidak melupakan penggalian Alkitab dalam menjabarkan suatu bahasan doktrin. Gaya penulisan Puritan. Wajib baca!


--------. Anak-anak Allah yang Hidup. Surabaya: Momentum, 2003.

*Merupakan pelengkap bagi buku di atas. Berisi tuntunan kehidupan menjadi seorang Kristen.


Guthrie, Donald. Teologi Perjanjian Baru. 3 vol. Jakarta: Gunung Mulia, 1993–1995.

*Uraian teologi PB dengan membagi ke dalam tema-tema teologis dalam PB, sehingga mirip dengan buku-buku teologi sistematika. Ditulis oleh seorang pakar PB konservatif Inggris. Meski klasik, buku ini masih relevan.


Hadiwijono, Harun. Iman Kristen. Jakarta: Gunung Mulia, c.u. 1997.

*Reformed Belanda, Barthian. Keunggulan tulisan ini adalah kemampuan penulis untuk membandingkan iman Kristen dengan agama-agama Timur lainnya, termasuk Kejawen. Tafsiran Alkitabnya akurat dan bertanggung jawab. Sangat bagus.


--------. Inilah Sahadatku. Jakarta: Gunung Mulia, c.u. 1995.

*Merupakan eksposisi singkat dari Pengakuan Iman Rasuli pertama yang dihasilkan oleh seorang teolog Indonesia. Sangat padat dan ringkas. Sangat bagus untuk menjadi bacaan para katekisan dan remaja Kristen.


Morris, Leon. Teologi Perjanjian Baru. Malang: Gandum Mas, c.u. 2001.

*Injili. Uraian teologi biblis dari seorang pakar PB. Berbeda dengan Guthrie, Morris menguraikan per kitab PB. Salah satu sajian teologi PB terbaik yang tersedia dalam bahasa Indonesia.


Packer, J. I. Kristen Sejati. 4 vol. Jakarta: LRII, 1996.

*Tulisan seorang pakar teolog Injili kawakan, bergaya Puritan. Sangat bagus, disertai dengan ayat-ayat referensi serta pertanyaan-pertanyaan untuk mengingat uraian di atasnya. Cocok untuk katekisasi.


Sproul, R. C. Dasar-dasar Iman Kristen. Malang: SAAT, 2004.

*Reformed, konservatif. Sangat menolong untuk bahan katekisasi dan PA. Memuat pokok-pokok penting yang kadang-kadang menjadi perdebatan. Buku wajib bagi yang tertarik belajar teologi secara mendalam tanpa harus mengalami kesulitan.


Ryrie, Charles R. Teologi Kristen. 2 vol. Yogyakarta: Andi, c.u. 2003.

*Injili, konservatif. Ditulis oleh mantan Presiden Dallas Theological Seminary, USA. Baik dalam uraian, berposisi eskatologi premilenialisme-dispensasional.


Verkuyl, J. Aku Percaya. Jakarta: Gunung Mulia, 1997.

*Reformed Belanda, Barthian. Juga merupakan eksposisi Pengakuan Iman Rasuli yang akan melengkapi pemikiran Harun Hadiwijono di atas. Sangat bagus.

No comments: